Minggu, November 18

Manfaat susu Kedelai For Beauty & Healthy

Manfaat susu Kedelai For Beauty & Healthy


Manfaat susu Kedelai bagi kecantikan dan kesehatan sangat luar biasa. Begitu banyak manfaatnya sehingga membuat kita selalu ingin berburu susu kedelai. Susu Kedelai dengan mudah kita dapatkan dimana saja. Dari pedagang keliling sampai toko bahkan supermarket dan perusahaan besar sudah menyediakan susu kedelai.

Susu Kedelai banyak mengandung gizi yang sangat berguna bagi tubuh kita. Namun jika konsumsi yang berlebih pada saat mengandung anak laki-laki,  akan menyebabkan kelainan hormon pada janin laki-laki yang dikandung. Karena susu kedelai merupakan phytoestrogen yang bisa menghambat produksi hormon testosteron pada pria. Jika dikonsumsi dalam jangka waktu lama akan menyebabkan sisi feminim pada janin laki-laki yang dikandung.

Kandungan Gizi Susu Kedelai :
  • Protein, 
  • Lemak Nabati
  • Karbohidrat
  • Serat / fiber
  • Vitamin A
  • Vitamin B1, 
  • Vitamin B2
  • Vitamin E
  • Mineral
  • Polisakarida
  • Isoflavon
  • HDL (Kolesterol Baik) LDL (Low Density Lipoprotein)
  • Kalsium

  • Manfaat Susu Kedelai untuk Kecantikan.
Melembabkan kulit
Kandungan Fitoestrogen dalam kedelai berguna untuk membantu tubuh menghasilkan lebih banyak estrogen yang bisa mengurangi keriput dan garis-garis halus pada kulit. Kedelai juga mengandung vitamin E yang MEMBANTU menyingkirkan sel kulit mati dan membentuk sel kulit baru.
Cara utnuk  melembabkan kulit :  Ambil kedelai kemudian hancurkan kedelai yang sudah ditambah sedikit air, lalu usapkan pada wajah dan diamkan selama 15 hingga 20 menit. Lakukan secara rutin seminggu tiga kali.

Menguatkan kuku

Caranya dengan mengonsumsi kedelai secara teratur kurang lebih selama 6 bulan akan membuat kuku kuat dan bersinar. Kedelai juga mampu melembabkan kuku. Selain itu, kedelai juga dikenal untuk mengobati kuku yang terinfeksi jamur. Caranya : cukup dengan menyelupkan kuku di kecap kedelai dan kuku anda akan  terbebas dari jamur.

Untuk Rambut lebih bersinar

Caranya : dengan mengoleskan jus kacang kedelai pada rambut. Lakukan secara rutin selama 3 bulan untuk hasil maksimal.

Untuk mencegah penuaan dini

Susu kedelai selain mengandung protein yang tinggi juga kaya akan zat senyawa Anti Aging. Jadi, mengonsumsi susu kedelai ini akan terlihat awet muda.


  • Manfaat Susu Kedelai untuk Kesehatan
Mengatasi Intoleransi Laktosa
Intoleransi Laktosa adalah sistem pencernaan yang tidak mampu mencerna dan menyerap laktosa (lemak susu) dengan baik akibat terbatasnya enzyme laktase s dalam tubuh- yang berfungsi memecah laktosa menjadi glukosa dan galaktosa (monosakarida) agar lebih mudah dicerna usus. Sehingga tidak baik untuk memberikan susu sapi kepada balita yang mengalami intoleransi laktosa. karena susu sapi mengandung laktosa. Gejalanya berupa mual, muntah, diare, dan gejala sakit perut yang lain. Sebagai gantinya anda bisa memberikan susu kedelai kepada balita diatas 1 tahun sebagai pendamping ASI.

Bisa digunakan sebagai minuman pengganti susu sapi bagi penderita autisme
Autisme adalah keadaan seseorang yang sejak lahir ataupun saat masa balita tidak dapat membentuk hubungan sosial atau komunikasi yang normal.

Susu sapi dan keju adalah alah satu sumber KASEIN  (protein susu) dan GLUTEIN (protein tepung) jadi tidak baik diberikan pada penderita Autisme. Karena  kasein dan glutein bisa menyebabkan gangguan fungsi otak dan bisa menyebabkan autisnya semakin parah. Jadi pemberian susu dan keju bisa diganti dengan susu kedelai.


Pengganti susu sapi bagi para vegetarian

Karena kandungan gizi susu kedelai sangatlah besar, diantaranya vitamin (B1,B2,B6, dan provitamin A), sumber mineral (Kalsium, Magnesium, Selenium, Fosfor), sumber Karbohidrat, sumber Protein, dan sumber Lemak ). Sehingga sangat baik jika dijadikan pengganti susu sapi.

Mengurangi kadar kolesterol darah

Kandungan lesitin susu kedelai berfungsi untuk menghalau LDL sedangkan kandungan isoflavon  mampu berfungsi sebagai antioksidan dan meningkatkan level HDL yang baik untuk kesehatan jantung.

Mencegah Arteriosklerosis, Hipertensi, Jantung Koroner, dan Stroke

Kandungan lainnya dalam susu kedelai adalah Vitamin E yang mampu mencegah terjadinya Penyakit Jantung Koroner dan Stroke. Susu kedelai juga mengandung asam Folat dan Vitamin B6 yang  bermanfaat mencegah penyakit jantung. Kandungan magnesium dalam susu kedelaimampu mengatur tekanan darah seseorang.

Mencegah kencing manis / diabetes mellitus

Kandungan protein dalam susu kedelai ternyata lebih mudah untuk diterima oleh organ ginjal dibandingkan protein yang berasal dari hewan. Jadi mengkonsumsi susu kedelai adalah terbaik bagi penderita diabetes.

Menghambat menopause dan mencegah osteoporosis

Kandungan isoflavon dan vitamin E dalam susu kedelai bisa mengatasi sindroma menopause dan juga mencegah osteoporosis.

Mencegah migrain

Susu kedelai kaya akan kandungan Vitamin B-Complek (kecuali B12), Mineral (terutama Kalium), dan Asam Amino (terutama Lisin) yang mampu untuk mencegah dan meredakan migrain.

Sebagai anti kanker

Susu kedelai mengandung zat antioksidan (seleniu, vitamin E, isoflavon dan Genistein.) yang dapat menangkal seragan radikal bebas pemicu kanker.

Seiring dengan tingginya kesadaran kita akan pentingnya susu kedelai, sehingga banyak orang yang memanfaatkan susu kedelai untuk bisnis rumahan. Tapi  banyak juga yang bisa berkembang menjadi bisnis yang besar.  Namun kita juga harus berhati-hati mengkonsumsi susu kedelai yang warnanya kelewat putih, karena biasanya pedagang yang nakal menambahkan pemutih buatan. Jadi yang lebih aman adalah membeli produk susu kedelai yang sduah berlisensi dari pemerintah ataupun berlebel halal. Semoga
Manfaat susu Kedelai for Beauty & Healthy diatas bisa bermanfaat bagi anda.

0 komentar:

Posting Komentar