Minggu, November 18

Melawan Osteoporosis Dan Nyeri Sendi Dengan Minum Susu Kedelai

Melawan Osteoporosis Dan Nyeri Sendi Dengan Minum Susu Kedelai

Osteoporosis
Penyakit yang berhubungan dengan tulang,paling tidak ada dua yaitu Osteoporosis dan Osteoarthritis.Penderita kedua penyakit ini biasanya mengalami nyeri dan sakit pada tulang dan persendian. Pada umumnya orang dengan usia lanjut dan wanita pasca menopouse rentan dengan penyakit yang sering juga disebut dengan rematik ini.
Pada osteoporosis,kualitas masa tulang menurun atau keropos dan mengakibatkan tulang menjadi rapuh dan mudah patah. Hormon estrogen yang berfungsi mempertahankan masa tulang,pada periode pasca menopouse mengalami disfungsi.

Nyeri Sendi

Penyakit nyeri sendi atau sering disebut dengan Osteoarthritis terjadi karena berkurangnya kekuatan tulang rawan pada engsel atau sendi. Akibatnya kemampuannya sebagai penyangga atau penopang pun ikut melemah. Punggung,leher,lutut,pinggul dan pinggang adalah tempat-tempat dimana osteoarthritis muncul.
Untuk mengatasi kedua penyakit diatas,biasanya dokter memberikan beberapa jenis obat yang sifatnya temporer,mengatasi rasa sakit dan memberikan beberapa suplemen untuk tulang. Resikonya adalah efek buruk pada lambung jika mengkonsumsi obat terus menerus.
Selain itu suplemen susu sapi/hewan juga beresiko karena susu yang berasal dari hewan memiliki kandungan protein berphosfor dan prostat yang tinggi,yang mengakibatkan kehilangan kalsium dari tubuh. Susu sapi memang menyediakan kalsium didalamnya,tetapi tidak dapat mencegah kehilangan kalsium,terutama tidak cukup mencegah osteoporosis dengan maksimal.

Solusi dari Susu Kedelai

Efek samping obat memang mengkhawatirkan,oleh karena itu para ahli kesehatan dunia saat ini merekomendasikan konsumsi susu kedelai bagi penderita osteoporosis dan nyeri persendian. Mengapa dan bagaimana susu kedelai bermanfaat bagi tulang?
Sementara serbuk minuman susu kedelai mengandung 3 kali lipat lebih tinggi dan mampu mempertahankan kadarnya untuk mencegah keropos tulang. Isoflavon kedelai dapat memperkuat massa tulang. Sedangkan senyawa genistin kedelai mempunyai efek pencegah keropos tulang lebih baik dari premarin. Demikian kesimpulan penelitian Dr John Anderson dari Uneversity of North Carolina.
Untuk itu Susu Kedelai Fresh sebagai pilihan konsumsi agar potensi terkena osteoporosis dan osteoarthritis dapat dihindari lebih dini.

0 komentar:

Poskan Komentar