Minggu, November 18

Osteoporosis,Sering Tak Diketahui Datangnya

Osteoporosis,Sering Tak Diketahui Datangnya

Pengeroposan tulang atau osteoporosis,hakikatnya disebabkan karena malnutrisi,gangguan hormonal,maupun penyakit kronis. Unsur utama pembentuk tulang adalah mineral kalsium dan phospor. Pada saat janin dalam kandung rahim ibu,maka pembentukan tulang sudah dimulai. Unsur-unsur pembentuk tulang seperti kalsium (Ca),phosphor (P),zink (Zn),protein,jaringan kolagen dan lainnya disuplai oleh metabolit yang terdapat dalam darah ibu. 

Sementara sumber kalsium adalah makanan seperti susu,keju,udang kering,teri kemaring,telur bebek,telur ayam,daging ayam,daging sapi,kacang kedelai dan makanan yang berasal dari kedelai,kacang merah,bayam,sawi,daun mlinjo,daun singkong,ketela pohon,kentang,jagung dan selada.
Kebutuhan kalsium tergantung usia. Kebutuhan kalsium per hari untuk bayi 350 mg,anak-anak  500 mg,remaja 650 mg,dewasa 500 – 800 mg,ibu hamil/menyusui dewsa ditambah 400 mg.
Konsumsi kalsium yang cukup akan memberikan beberapa manfaat,yakni :
  • membantu pembentukan dan pemeliharaan tulang dan gigi ,serta mencegah kerusakan gigi akibat demineralisasi.
  • Selain itu membantu mengurangi kekejangan kaki pada wanita hamil
  • menjaga tekanan darah,
  • mencegah kehilangan massa tulang karena menyusui
  • serta membantu mengurangi darah tinggi karena kehamilan.
Pentingnya mencegah osteoporosis dengan mengkonsumsi susu kedelai yang memiliki kandungan kalsium ideal,dirasakan sebagai sebuah kebutuhan. Osteoporosis tergolong penyakit yang tidak disadari kehadirannya sejak dini. Biasanya penderita mengetahui adanya penyakit osteoporosis  setelah terjadi patah tulang yang disebabkan cedera ringan.
Susu kedelai Fresh menjadi pilihan yang paling tepat bagi anda yang membutuhkan asupan kalsium yang ideal,untuk menjaga diri dari ancaman osteoporosis.

0 komentar:

Posting Komentar